Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Artikel yang diterima berupa original research, literature review

Ukuran kertas A4, margin kanan 3, margin kiri 3, margin atas 3, margin bawah 3, jenis tulisan Times New Roman

 

JUDUL (14 pt)

Huruf besar di setiap kata, tebal, posisi di tengah, tidak perlu dituliskan tempat penelitian. Judul berisi intisari hasil temuan, ditulis dalam Bahasa Indonesia (maksimal 12 kata) atau bahasa Inggris (maksimal 10 kata).

 

Penulis utama1, Penulis kedua2, Penulis ketiga3 dst (12 pt)

(Nama ditulis lengkap dicantumkan dibawah judul artikel tanpa gelar akademik penulis utama ditulis lebih dahulu)

 

1Lembaga penulis utama (12 pt)

2Lembaga penulis kedua 12 pt)

3Lembaga penulis kedua (12 pt)

(dituliskan nama Universitas/Poltekkes/Lembaga, bila lebih dari satu penulis dari lembaga berbeda dituliskan baris yang berbeda. Apabila penulis berasal dari lembaga yang sama maka tidak diberikan pengkodean) (12 pt)

Email penulis utama (format italic) (12pt)

 

ABSTRACT (12pt)

Abstract should be written using Times New Roman font, size 12pt, italics, right justify, and one paragraph-unstructured with single spacing. The abstract is an unstructured paragraph. The abstract should state the problem, the purposes of the study or investigation, basic procedures (research design, selection and size of study subjects; observational and analytical methods), main findings (OR/ RR, CI or themes in qualitative research), and the principal conclusions. Recommendation and implication of the study must be clear. It should not contain any references or displayed equations. The abstract should be no more than 200 words. For the article in English, Indonesian abstract will be provided by the editors.

Keywords3-5 words/ phrase in English, alphabetically order, give semicolon between words/phrase.

 

ABSTRAK (12pt)

Abstrak ditulis menggunakan bahasa Indonesia, menggunakan tipe abstrak satu paragraf tidak berstruktur, spasi tunggal, rata kanan-kiri, jumlah kata maksimal 200 kata, tidak ada kutipan dan singkatan/ akronim. Abstrak harus berisi pendahuluan atau masalah yang diteliti termasuk tujuan penelitian, jika memungkinkan buat dalam satu kalimat. Desain penelitian, cara pengambilan dan besar sampel, cara dan  pengumpulan data, serta analisis data. Penemuan utama (OR/ RR, CI atau tema dalam riset kualitatif). Tuliskan satu atau dua kalimat untuk mendiskusikan hasil dan kesimpulan. Rekomendasi dan implikasi  hasil penelitian dituliskan dengan jelas.

Kata Kunci: 3-5 kata atau gabungan kata, disusun secara alfabet, setiap kata dipisahkan dengan tanda titik koma (;)

 

PENDAHULUAN (12 pt)

Penulisan dengan spasi 1.5 dan enter 1 kali ke paragraf berikutnya, rata kanan kiri, dan dibagi 2 kolom. Bagian pendahuluan berisi latar belakang, rumusan masalah yang jelas, kajian pustaka dan tujuan penelitian. Dalam latar belakang harus terdapat justifikasi pentingnya penelitian dilakukan, gap analysis, sehingga dapat menggambarkan originalitas dengan penelitian lainnya. Novelty dilihat dari penelitian yang dilakukan dibandingkan dengan penelitian sebeumnya. Cantumkan dalam 1 kalimat pertanyaan atau masalah penelitian yang perlu diteliti. Seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk beberapa paragraph; 15-20% dari isi artikel.

 

METODE (12 pt)

Penulisan dengan spasi 1.5 dan enter 1 kali ke paragraf berikutnya, rata kanan kiri, dan dibagi 2 kolom. Bagian metode berisi paparan tentang rancangan penelitian, populasi, sampel, variabel, waktu dan tempat, alat dan teknik pengumpulan data, metode sampling, proses serta analisis data;  15-20% dari artikel. Jelaskan rancangan penelitian secara detail agar dapat menggambarkan proses penelitian secara utuh. Ketika menggunakan kuisioner sebagai instrumen, jelaskan isi secara jelas dan untuk mengukur variabel yang mana. Validitas dan reliabilitas instrumen harus dijelaskan. Pada penelitian eksperimen atau intervensi perlu penjelasan prosedur intervensi atau perlakuan yang diberikan. Pelaksanaan penelitian melibatkan siapa saja dengan peran seperti apa dan dengan cara bagaimana. Penelitian ini telah lulus kaji etik dan dilampirkan pada saat pengiriman artikel. Analisis data menggunakan program komputer perlu dituliskan secara rinci jika software tidak original. Pada penelitian kualitatif, jelaskan bagaimana studi mempertahankan validitas (trustworthiness) data yang dikumpulkan. Bagian metode dituliskan dalam 2 atau 3 paragraf.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN (12pt)

Penulisan dengan spasi 1.5 dan enter 1 kali ke paragraf berikutnya, rata kanan kiri, dan dibagi 2 kolom. Bagian hasil dan pembahasan merupakan suatu kesatuan berisi paparan hasil analisis yang berkaitan dengan tujuan. Setiap hasil penelitian langsung dibahas. Hasil yang ditampilkan berdasarkan tujuan peneilitan atau hipotesis penelitian. Hasil tidak ditampilkan pada data yang sama dalam 2 bentuk berbeda seperti pada tabel/gambar/grafik dan narasi. Tidak ada sitasi pada bagian hasil. Nilai rata-rata harus disertai dengan standar deviasi. Tabel menggunakan 3 garis row (tidak menggunakan garis kolom). Tabel, gambar atau ilustrasi dituliskan sesuai nomor urut penampilan dalam teks dan diberi judul singkat (judul tabel atau gambar 12 pt), sedangkan isi tabel 11 pt; spasi 1 untuk judul tabel. Judul tabel menggunakan huruf besar setiap di awal kata. Jarak antara tebel dan paragraf 1 spasi. Jika tabel memiliki beberapa kolom bisa menggunaka setengah atau satu halaman penuh.. Jika judul setiap tabel panjang dan kompleks, kolom diberi nomor dan setiap deskripsi diberikan di bawah tabel. Tabel diletakkan di tempat tertinggi atau terendah setiap halaman dan tidak memisahkan kalimat dalam penjelasan hasil atau pembahasan. Cegah pemisahan 1 tabel ke dalam 2 halaman. Mean, SD, dan nilai t-test sebaiknya termasuk 95%CI. Nilai signifikansi diletakkan dengan tidak meletakkan p terlebih dahulu. Misalnya, usia rata-rata 25.4 tahun pada grup intervensi (95% CI). Berdasarkan tes advanced antara kelompok intervensi dan kontrol hasilnya signifikan (misalnya: p=0.001; CI=...-..). Gambar diletakkan secara simetris di dalam kolom dalam spasi tunggal satu paragraf. Gambar diletakkan di bagian atas atau bawah setiap halaman dan tidak memisahkan kalimat. Jika ukuran gambar melewati lebar kolom maka gambar bisa diletakkan menggunakan format kolom tunggal. Gambar diletakkan secara langsung setelah penjelasan gambar di dalam manuskrip. Captions diletakkan di bawah gambar dan dalam 1 spasi tunggal pada gamabr. Caption ditulis menggunakan ukuran 12pt, tebal, huruf besar pada setiap awal kata, dan diletakkan sebagai contoh. Jarak antara captions dan paragraf adalah 2 spasi. Gambar bisa dipublikasi oleh penulis lain sehingga perlu izin dari penulis dan publisher. Untuk penelitian kualitatif, penemuan biasanya dituliskan dalam bentuk kalimat partisipan. Format tabel jarang digunakan kecuali untuk mendeskripsikan karakteristik partisipan, atau rekapitulasi tema atau kategori. Jika kutipan tidak lebih dari 40 kata, kemudian menggunakan tanda kutip (“) pada awal dan akhir kalimat dan termasuk partisipan/informan yang memberikan pernyataan tanpa kebutuhan untuk membuat paragraf menjadi jauh.

 

Tabel 1 Karakteristik Responden……(12pt)

variabel

Jumlah Responden

(Jiwa)

(Persentase)

%

x

10

11,1

y

30

33,3

z

50

55,6

 

 

Gambar 1 Perbedaan Rata-Rata Skala Nyeri ……………(12pt)

 

Pembahasan berisi pemaknaan hasil penelitian yang meliputi fakta, teori dan opini.  Pembahasan dilakukan dengan membandingkan data yang diperoleh saat penelitian dengan data yang diperoleh pada penelitian sebelumnya. Tidak ada simbol statistik atau simbol matematik lain pada pembahasan. Pembahasan langsung menjawab hipotesis penelitian. Misalnya diletakkan pada persamaan, perbedaan, atau keunikan dari penemuan yang diteliti. Perlu dibahas alasan penemuan hasil penelitian. Implikasi hasil dituliskan untuk mengklarifikasi dampak dari hasil kemajuan ilmu pengetahuan yang dipelajari. Pembahasan diakhiri dengan keterbatasan penelitian. Panjang paparan hasil dan pembahasan 50-60% dari artikel.

 

SIMPULAN (12pt)

Penulisan dengan spasi 1.5 dan enter 1 kali ke paragraf berikutnya, rata kanan kiri, dan dibagi 2 kolom. Bagian simpulan berisi temuan penelitian yang berupa jawaban atas pertanyaan penelitian atau berupa intisari hasil pembahasan. Tulisan berbentuk narasi, maksimal 5% dari seluruh isi artikel. Pada bagian ini, tidak diizinkan untuk menulis pekerjaan penulis yang lainnya. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya bisa dituliskan di bagian ini juga.

 

UCAPAN TERIMA KASIH (12pt)

Penulisan dengan spasi 1.5 dan enter 1 kali ke paragraf berikutnya, rata kanan kiri, dan dibagi 2 kolom. Pada bagian ini, dituliskan ucapan terima kasih  kepada berbagai pihak yang telah memberikan bantuan pada penelitian yang dilakukan, ucapan terimakasih dapat diberikan kepada teknisi laboratorium atau penyandang / donatur dana penelitan. Nama yang mendukung dituliskan dengan jelas. Nama yang disebutkan sebagai penulis pada manuskrip tidak diizinkan dituliskan di bagian ini.

 

DAFTAR  RUJUKAN (12pt)

Penulisan dengan spasi 1.5 dan enter 1 kali ke paragraf berikutnya, rata kanan kiri, dan dibagi 2 kolom. Daftar rujukan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk dalam isi artikel dan berupa pustaka terbitan 5 tahun terakhir (untuk jurnal). Rujukan yang digunakan adalah sumber-sumber primer berupa artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian. Jumlah rujukan yang berasal dari jurnal minimal 10 jurnal.

 

Penulisan daftar rujukan disusun seperti contoh pada bagian akhir petunjuk penulisan yang menunjukkan daftar urutan alfabetis dan kronologis. Penulisan rujukan dan daftar rujukan yang digunakan pada jurnal ini adalah sistem penulisan sitasi komputer otomatis dengan gaya penulisan Harvard. Software manager penulisan sitasi dapat menggunakan salah satunya antara lain: mendeley, Refworks, Endnote, dan Zotero.

 

Buku:

Anderson, D.W., Vault, V.D., &Dickson, C.E. 1999. Problems and Prospects for the Decades Ahead: Competency Based Teacher Education. Berkeley: McCuthchan Publishing Co.

 

Buku Kumpulan Artikel:

Saukah, A. & Waseso, M.G. (Eds.). 2002. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (Edisi ke-4, cetakan ke-1). Malang: UM Press.

 

Artikel dalam jurnal atau majalah:

Kansil, C.L. 2002. Orientasi Baru Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri. Transpor, XX (4): 57-61.

 

Artikel dalam Koran:

Pitunov, B.13 Desember, 2002. Sekolah Unggulan ataukan Sekolah Pengunggulan? Majapahit Pos, hlm.4 & 11.

 

Tulisan/berita dalam Koran (tanpa nama pengarang):

Jawa Pos. 22 April, 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm. 3.

 

Dokumen Resmi:

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

 

Buku Terjemahan:

Ary, D., Jacobs, L.C., & Razavieh, A. 1976. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha Nasional.

 

Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian:

Kuncoro, T. 1996. Pengembangan Kurikulum Pelatihan Magang di STM NAsional Malang Jurusan Bangunan, Program Studi Bangunan Gedung: Suatu Studi Berdasarkan Kebutuhan Dunia Usaha Jasa Konstruksi. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS IKIP MALANG.

 

Internet (Karya individual):

Hitchcock, S., Carr, L., & Hall, W. 1996. A Survey of STM Online Journals, 1990-1995: The Calm before the Storm, (Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey.html) diakses 12 Juni 1996.

 

Internet (artikel dalan jurnal online):

Kumaidi. 1998. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), Jilid 5, No. 4, (http://www.malang.ac.id), diakses 20 Januari 2000.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.