Guidelines

Judul berisi Intisari hasil temuan, ditulis dalam Bahasa  Indonesia  Maksimal 12 Kata .  Apabila Judul Artikel dalam Bahasa Inggris Maksimal 10 Kata. Judul Ditulis dengan Huruf Kapital Times News Roman

 (Spasi 1, Font 14, Bold, Centre)

 Tidak Perlu Dituliskan Tempat Penelitian

 Penulis utama1, Penulis kedua2, Penulis ketiga3 dst (12 pt)

(Nama ditulis lengkap dicantumkan dibawah judul artikel tanpa gelar akademik penulis utama ditulis lebih dahulu)

1Lembaga penulis utama (12 pt)

2Lembaga penulis kedua 12 pt)

3Lembaga penulis kedua (12 pt)

(dituliskan nama Universitas/Poltekkes/Lembaga, bila lebih dari satu penulis dari lembaga berbeda dituliskan baris yang berbeda. Apabila penulis berasal dari lembaga yang sama maka tidak diberikan pengkodean) (12 pt)

Email penulis utama (format italic) (12pt)

 Artikel history

Dikirim, Jun 12th, 201x

Ditinjau,  Aug 20th, 201x

Diterima, Aug 26th, 201x

 

ABSTRACT

Abstrak bahasa inggris berisi pendahuluan, tujuan, metode, hasil dan simpulan, ditulis dalam satu paragraph maksimum 200 kata,. Ditulis dengan format huruf time news roman, 12 pt, spasi 1, italic, dan rata kanan kiri.

 Keywords: 3-5 kata atau gabungan kata, setiap kata dipisahkan dengan tanda titik koma (;)

 ABSTRAK

Abstrak bahasa Indonesia  berisi pendahuluan, tujuan, metode, hasil dan simpulan, ditulis dalam satu paragraph maksimum 200 kata, Ditulis dengan format huruf time news roman, 12 pt, spasi 1, normal, dan rata kanan kiri.

 Kata Kunci: 3-5 kata atau gabungan kata, setiap kata dipisahkan dengan tanda titik koma (;)

 PENDAHULUAN ( 12 pt)

Bagian pendahuluan berisi latar belakang, rumusan masalah yang jelas,  kajian pustaka dan tujuan penelitian. Dalam latar belakang harus terdapat gap analysis, sehingga dapat menggambarkan originalitas dengan penelitian lainnya. Seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk beberapa paragraph; 15-20% dari isi artikel.

 METODE (12 pt)

Bagian metode berisi paparan  tentang rancangan penelitian, populasi, sampel, variabel,waktu dan tempat, alat dan  teknik pengumpulan data, serta analisis data;  15-20% dari artikel.

Jelaskan rancangan penelitian secara detail agar dapat menggambarkan proses penelitian secara utuh. Pelaksanaan penelitian melibatkan siapa saja dengan peran seperti apa dan dengan cara bagaimana. Penelitian ini  telah lulus kaji etik dan dilampirkan pada saat pengiriman artikel.

 HASIL DAN PEMBAHASAN (12pt)

Bagian hasil dan pembahasan merupakan suatu kesatuan  berisi paparan hasil analisis yang berkaitan dengan tujuan. Setiap hasil penelitian langsung dibahas. Pembahasan berisi pemaknaan hasil penelitian yang meliputi fakta, teori dan opini. Tabel, gambar atau ilustrasi  dituliskan sesuai nomor urut penampilan dalam teks dan diberi judul singkat (judul table atau gambar 12 pt), sedangkan isi table 11 pt;  Panjang paparan hasil dan pembahasan 50-60% dari  artikel.

Tabel 1 karakteristik responden……(12pt)

variabel

Jumlah Responden

(Jiwa)

(Persentase)

%

x

10

11,1

y

30

33,3

z

50

55,6

 Gambar 1 Perbedaan rata-rata skala Nyeri ……………(12pt)

 SIMPULAN (12pt)

Bagian simpulan berisi temuan penelitian yang berupa jawaban atas pertanyaan penelitian atau berupa intisari hasil pembahasan, dapat juga ditambahkan implikasi hasil penelitian serta rekomendasi. Tulisan berbentuk narasi, Maksimal 5% dari seluruh isi artikel.

 UCAPAN TERIMA KASIH

Pada bagian ini, dituliskan ucapan terima kasih  kepada berbagai pihak yang telah memberikan bantuan pada penelitian yang dilakukan, ucapan terimakasih dapat diberikan kepada teknisi laboratorium atau penyandang / donatur dana penelitan.

 DAFTAR  RUJUKAN

Daftar rujukan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk dalam isi artikel dan berupa pustaka terbitan 5 tahun terakhir (untuk jurnal). Rujukan yang digunakan adalah sumber-sumber primer berupa artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian.

Jumlah rujukan yang berasal dari jurnal minimal 10 jurnal.

Penulisan daftar rujukan disusun seperti contoh pada bagian akhir petunjuk penulisan yang menunjukkan daftar urutan alfabetis dan kronologis. Penulisan rujukan dan daftar rujukan yang  digunakan pada jurnal ini adalah system penulisan sitasi komputer otomatis dengan gaya penulisan Harvard. Software manager penulisan sitasi dapat menggunakan salah satunya antara lain:  mendeley, Refworks, Endnote, dan Zotero.

 Buku:

Anderson, D.W., Vault, V.D., &Dickson, C.E. 1999. Problems and Prospects for the Decades Ahead: Competency Based Teacher Education. Berkeley: McCuthchan Publishing Co.

Buku Kumpulan Artikel:

Saukah, A. & Waseso, M.G. (Eds.). 2002. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (Edisi ke-4, cetakan ke-1). Malang: UM Press.

Artikel dalam jurnal atau majalah:

Kansil, C.L. 2002. Orientasi Baru Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri. Transpor, XX (4): 57-61.

Artikel dalam Koran:

Pitunov, B.13 Desember, 2002. Sekolah Unggulan ataukan Sekolah Pengunggulan? Majapahit Pos, hlm.4 & 11.

                              Tulisan/berita dalam Koran (tanpa nama pengarang):

Jawa Pos. 22 April, 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm. 3.

 Dokumen Resmi:

Pusat Pembinaan dan Pengembangan BAhasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

 Buku Terjemahan:

Ary, D., Jacobs, L.C., & Razavieh, A. 1976. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha Nasional.

Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian:

Kuncoro, T. 1996. Pengembangan Kurikulum Pelatihan Magang di STM NAsional Malang Jurusan Bangunan, Program Studi Bangunan Gedung: Suatu Studi Berdasarkan Kebutuhan Dunia Usaha Jasa Konstruksi. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS IKIP MALANG.

Internet (Karya individual):

Hitchcock, S., Carr, L., & Hall, W. 1996. A Survey of STM Online Journals, 1990-1995: The Calm before the Storm, (Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey.html) diakses 12 Juni 1996.

Internet (artikel dalan jurnal online):

Kumaidi. 1998. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), Jilid 5, No. 4, (http://www.malang.ac.id), diakses 20 Januari 2000.