Kontrol Diri Dengan Motivasi Belajar Anak Usia Remaja

  • Vania Puspa Zerlinda Setiadi STIKES Indonesia Maju
  • Agus Purnama STIKES Indonesia Maju
Keywords: Adolescent Children In; Self-Control; Learning Motivation

Abstract

Pada seorang pelajar yang tidak memiliki kontrol diri yang baik dalam memenuhi segala kewajiban-kewajibannya dalam  proses akademiknya disekolah, maka remaja tersebut akan cenderung mengalami kesulitan untuk memenuhi segala tuntutannya dalam memotivasi belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Hubungan Kontrol Diri dengan Motivasi Belajar anak usia remaja SMP disekolah Master Depok. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross-sectional. Sedangkan sampel yang diambil adalah seluruh siswa  sebanyak 79 siswa menggunakan teknik Simple Total Sampling. Instrument pengumpulan data adalah kuesioner. Hasil analisis univariat, responden menunjukkan bahwa berdasarkan jenis kelamin siswa yang paling banyak yaitu perempuan 46 siswa (58,2%). Kemudian, berdasarkan umur siswa yang paling banyak yaitu 14 tahun 34 siswa (43,0%). Sedangkan berdasarkan pekerjaan orang tua yang lebih banyak adalah sebagai wiraswasta 38 orang (48,1%). Pada penelitian ini bahwa Kontrol diri tinggi dan motivasi belajar tinggi dapat berpeluang besar, dengan persentase pada kontrol Diri Tinggi 42 siswa( 62,0%) dan Motivasi Belajar Tinggi 39 siswa (59,5%). Analisa penelitian uji korelasi Spearmen menunjukan hasil  (p value = 0,005), dari nilai Odds Ratio dapat berpeluang sebesar 3,750. dan ini menunjukkan adanya Hubungan kontrol diri dengan motivasi belajar Anak usia Remaja. Saran bagi orangtua terutama ibu dapat selalu memberikan motivasi dalam belajar kepada anaknya.

References

Dadang, Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar program studi keperawatan stikes muhammadiyah lamongan; 2014.

Dini, Hubungan antara kontrol diri dengan perilaku remaja di MTS Negri 3 rajaguluh kabupaten majalengka; 2013.

Donny, Paulina, max. Gambaran tingkat pengetahuan dan status karies gigi pada siswa SMP Kristen 67 Manado; 2015.

Esteria, Hubungan antara persepsi terhadap keterlibatan ayah dan kontrol diri remaja, skripsi. Universitas Gunadarma; 2014.

Eva, Pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan tentang kesehatan reproduksi remaja siswa kelas VII di SMPN 14 Yogyakarta; 2015.

Eviana. Y. Hubungan antara minat belajar, motivasi, lingkungan psikis kampus dan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar mahasiswa tingkat III; 2014.

Herasti, Hubungan kontrol diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMP; 2014.

Kilas Depok. Kualitas pendidikan dikota depok mengalami peningkatan, Diakses 16 Agustus 2017, http://www.kilasdepok.com/2436-2/.

Lailatur, Hubungan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar remaja; 2008.

Metro pendidikan. Mutu pendidikan di Depok belum maksimal, Diakses 16 Agustus 2017, http://www.metropolitan.id/2016/01/mutu-pendidikan-di-depok-belum-maksimal/.

Molazem,ddk. Dalam: Kharisma, Maya Putri. Hubungan Kadar Albumin Serum Dengan Penyembuhan Luka Sectio Caesarea di RS PKU Muhammadiyah Gamping Yogyakarta. Karya Tulis Ilmiah; 2016.

Nediawati, Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan motivasi belajar pada siswa SMP; 2016.

Notoadmodjo, S. Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarat: Rineka Cipta; 2015.

Notoadmodjo, S. Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2012.

Novi, Pengaruh perilaku teman sebaya terhadap motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 01 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat; 2010.

Partini dan Rifai, Peran keluarga dalam menambahkan motivasi belajar remaja; 2012.

Resti dan Tri, Hubungan antara kontrol diri dengan kecenderungan kecanduan media sosial pada remaja akhir; 2010.

Sarlito W. Sarwono, Psikologi remaja, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta; 2010.

Septy. Hubungan Kontrol diri dan syukur dengan perilaku konsumtif pada remaja SMA IT abu bakar yogyakarta; 2013.

Published
2019-05-31