Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak pada Masa Pandemi COVID-19 di PMB Bidan Ani Wahyuni
Abstract
Upaya kesehatan Ibu dan Anak (KIA) merupakan upaya di bidang kesehatan dalam pelayanan dan pemeliharaan ibu hamil, ibu bersalin, ibu menyusui, bayi dan anak balita serta anak prasekolah. Tujuan Pelayanan Kesehatan Ibu dan anak untuk tercapainya kemampuan hidup sehat melalui peningkatan derajat kesehatan yang optimal, bagi ibu dan keluarganya. Penelitian ini akan melihat bagaimana kepuasan pasien terhadap pelayanan KIA Pada Masa tanggap darurat COVID-19. Metode : jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu-ibu yang mendapatkan pelayanan KIA di praktik mandiri bidan baik secara langsung maupun tidak langsung pada masa pandemi Covid-19 yang berjumlah 58 orang. Analisis dilakukan secara univariat untuk melihat distribusi frekuensi setiap variabel dan bivariat untuk mendeskripsikan kepuasan terhadap pelayanan KIA berasarkan karakteristik responden. Kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan di praktik mandiri bidan pada masa pandemi covid-19 didapatkan 53 % menyatakan sangat puas dan 47% menyatakan puas. Berdasarkan karakteristik, dari 53 responden dengan umur ≤ 35 tahun 51 % sangat puas, variabel pendidikan 51% dari 41 responden dengan pendidikan SMA sangat puas, variabel pekerjaan dari 33 responden sebagai ibu rumah tangga 52% puas dengan pelayanan di praktik mandiri bidan. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan sangat baik, dari beberapa harapan pasien agar dapat dijadikan masukan untuk bahan penetapan kebijakan yang perlu diambil dan upaya yang perlu dilakukan.