Main Article Content

Abstract

Masalah psikologis yang paling banyak diderita oleh para lanjut usia adalah kecemasan. Adapun penyebab yang umumnya ditemui diantaranya:  (1) Kurangnya aktifitas sosial dengan teman atau relasi  (2) Kehilangan pasangan  (3) Kehilangan hubungan dengan anak-anak yang menikah (4) Menghadapi kematian. Paket “SAHAJA” atau “Sehat Hati dan Jiwa“ merupakan bentuk psikoterapi yang dikembangkan peneliti untuk menurunkan tingkat kecemasan pada lansia dengan menggabungkan beberapa bentuk psikoterapi yaitu relaksasi dan berdzikir. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh paket “SAHAJA” terhadap tingkat kecemasan lansia. Populasi dari penelitian adalah seluruh lansia dengan teknik sampling menggunakan simple random sampling, besar sampel 30 orang. Desain penelitian yang digunakan dekriptif analitik dengan pendekatan kuasi ekperimen. Uji analisis data yang digunakan adalah univariat, bivariat dengan paired t-test untuk pengaruh intervensi paket “SAHAJA” terhadap tingkat kecemasan lansia. Hasil penelitian diketahui adanya pengaruh pemberian terapi “SAHAJA” terhadap tingkat kecemasan lansia. Dengan melakukan terapi “SAHAJA” secara teratur dalam waktu dan jangka waktu yang lebih lama dapat memberikan pengaruh yang lebih efektif lagi dalam menurunkan tingkat kecemasan lansia.

Keywords

kecemasan lansia terapi “SAHAJA”

Article Details

How to Cite
Riyanti, E., Pudjiati, P., & Yardes, N. (2022). Terapi “Sehat Jasmani dan Rohani” Menurunkan Tingkat Kecemasan Lansia. JKEP, 7(2), 158-165. https://doi.org/10.32668/jkep.v7i2.939

References

    Aini, N., Hariyanto, T. and Ardiyani, V.M. (2017) ‘Perbedaan Tekanan Darah Sebelum dan Sesudah Dilakukan Terapi Musik Klasik (Mozart) pada Lansia Hipertensi Stadium 1 di Desa Donowarih Karangploso Malang’, Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(3).

    Annisa, D.F. and Ifdil, I. (2016) ‘Konsep kecemasan (anxiety) pada lanjut usia (lansia)’, Konselor, 5(2), pp. 93–99.

    Bukian, P.A.W.Y. and Watiningsih, A.P. (2018) ‘Hubungan Pemenuhan Kebutuhan Spiritual Dengan Tingkat Kecemasan Pada Lansia Di Desa Bubunan ( Relationship between Fulfilling Spiritual Needs and Elderly Anxiety Levels in Bubunan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng , Bali’, Jurnal Kesehatan MIDWINERSLION, 3(1), pp. 73–83.

    Gunawan, Y.E.S., Landi, M. and Anthasari, D. (2018) ‘Hubungan Antara Motivasi, Dukungan Keluarga Dan Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Ujian

    Proposal Di Prodi Keperawatan Waingapu’, Jurnal Info Kesehatan, 16(1), pp. 72–82.

    Hastuti, R.Y., Sari, D.P. and Sari, S.A. (2019) ‘Pengaruh Melafalkan Dzikir terhadap Kualitas Tidur Lansia’, Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), p. 303.

    Kamila, A. (2020) ‘Psikoterapi Dzikir Dalam Menangani Kecemasan’, Happiness, Journal of Psychology and Islamic Science, 4(1).

    Kriswoyo, P.G. (2013) ‘Efektifitas relaksasi terhadap tingkat kecemasan pada lansia di Posyandu Lansia Adhi Yuswa RW. X Kelurahan Kramat Selatan’, Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 9(2).

    Maryam, R.S. et al. (2012) ‘Beban keluarga merawat lansia dapat memicu tindakan kekerasan dan penelantaran terhadap lansia’, Jurnal Keperawatan Indonesia, 15(3), pp. 143–150.

    Muhith, A. (2015) Pendidikan keperawatan jiwa: Teori dan aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

    Nida, F.L.K. (2014) ‘Zikir sebagai PsikoteraPi dalam gangguan kecemasan bagi lansia’, Konseling Religi, 5(1), pp. 133–150.

    Prabhaswari, L. and Ariastuti, N.L.P. (2016) ‘Gambaran kejadian depresi pada lanjut usia di wilayah kerja Puskesmas Petang I Kabupaten Badung Bali 2015’, Intisari Sains Medis, 7(1), pp. 47–52.

    Radityo, W.E. (2012) ‘Depresi dan gangguan tidur’, E-Jurnal Medika Udayana, 1(1), pp. 1–16.

    Rindayati, R., Nasir, A. and Astriani, Y. (2020) ‘Gambaran Kejadian dan Tingkat Kecemasan pada Lanjut Usia’, Jurnal Kesehatan Vokasional, 5(2), pp. 95–101.

    Rona, H., Ernawati, D. and Sapto, D.A. (2021) ‘Analisa Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kecemasan Pada Lansia Di Panti Werdha Hargodedali Surabaya’, Hospital Majapahit, 13(1).

    Stuart, G.W. (2014) Principles and practice of psychiatric nursing-e-book. Elsevier Health Sciences.

    Sutinah, S. and Maulani, M. (2017) ‘Hubungan pendidikan, jenis kelamin dan status perkawinan dengan depresi pada lansia’, Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 2(2), pp. 209–216.

    Wijaya, H. and Darmawan, I.P.A. (2019) ‘Optimalisasi Superego dalam Teori Psikoanalisis Sigmund Freud untuk SPendidikan Karakter’, Hospital Majapahit, 13(1).

Most read articles by the same author(s)