Main Article Content
Abstract
Tugas akhir yang dikerjakan oleh mahasiswa tingkat akhir pada masa pandemi covid-19 menjadi sumber stres tersendiri bagi mahasiswa yang mengerjakannya. Mekanisme koping adalah suatu cara untuk mengatasi stres yang sedang dihadapi. Mekanisme koping terbagi atas adaptif dan maladaptif serta memiliki dua strategi yaitu problem focused dan emotion focused. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui mekanisme koping mahasiswa keperawatan dalam proses menyelesaikan tugas akhir pada masa pandemi covid-19. Penelitian menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan di Fakultas Keperawatan Universitas Riau dengan jumlah sampel 169 responden menggunakan teknik total sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Brieft Cope dengan analisa data yang digunakan adalah uji univariat. Hasil penelitian diperoleh 99,4% responden menggunakan mekanisme koping adaptif dengan strategi problem focused coping dominan adalah active coping (6,76) dan strategi emotion focused coping dominan adalah religion (7,51). Peneliti menyimpulkan bahwa mayoritas mahasiswa menggunakan mekanisme koping adaptif dengan strategi dominan yaitu active coping dan religion. Gambaran mekanisme koping pada mahasiswa penting untuk diketahui sebagai pengetahuan dan menjadi masukan bagi peneliti berikutnya untuk menciptakan intervensi guna mempertahankan atau meningkatkan mekanisme koping mahasiswa.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKEP (Jurnal Keperawatan)
References
Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The impact of Covid-19 to Indonesian education and its relation to the philosophy of “Merdeka Belajar”. Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49
Aris, Yuni., Sarfika, Rika., & Erwina, Ira. (2018). Stres pada Mahasiswa Keperawatan dan Strategi Koping yang Digunakan. NERS: Jurnal Keperawatan,Volume 14, No. 2, Oktober 2018, (Hal. 81-91)
Azizah LM. (2011). Keperawatan Jiwa Aplikasi Praktik Klinik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2020). Presiden tetapkan COVID-19 sebagai bencana nasional. Retrieved at 29 Maret 2020 from https://bnpb.go.id/berita/presiden-tetapkan-covid19-sebagai-bencana-nasional
Ekayamti, Endri. (2020). Anxietas and coping mechanism of the final semester nursing students in the situation of covid-19. Journal of vocational nursing 01 (2020): 161-170
Fortinash & Holoday W. (2012). Psychiayric mental health nursing. USA: Mosby, Inc., an affiliate of Elseiver Inc.
Fredman, Bowden & Jones. (2014). Keperawatan keluarga. Jakarta: EGC.
Hidayah, Nur., Ikram, Rohimin Muhammad., Huriati, Sutria, Eny., dan Muslimin. (2020). Tingkat Stres dan Strategi Koping Mahasiswa Keperawatan di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional VARIANSI Tahun 2020. ISBN: 978-602-53397-2-1
Hidayati, Sri., & Kusumaningtyas, Daniati. (2022). Mekanisme Koping Pada Ibu Menyusui Yang Mengalami Covid-19 di RSUP Dr. Kariadi Semarang. Jurnal Of Bionursing, Vol.4, No.1, Tahun 2022, 55-62
Kemendikbud. (2020). SE Mendikbud: Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid-19. Retrieved at 29 Maret 2020 from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19
Krisdianto, M.A., & Mulyanti. (2015). Mekanisme Koping Berhubungan dengan Tingkat Depresi pada Mahasiswa Tingkat Akhir. JNKI, Vol. 3, No. 2, Tahun 2015, 71-76 ISSN2354-7642
Nasrani, Lusia., & Purnawaty, Susy. (2015). Perbedaan Tingkat Stres Antara Laki-Laki Dan Perempuan Pada Peserta Yoga Di Kota Denpasar. Bali: Universitas Udayana. E-Jurnal Medika Udayana Vol.4 No.12
Nurcahyo, Firmanto Adi., & Valentina, Vience Debora. (2020). Menyusun skripsi di masa pandemi? Studi kualitatif kesejahteraan psikologis mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional dan Call Paper Tahun 2020.
Pragholapati, A., & Ulfitri, W. (2019). Gambaran Mekanisme Coping pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Tingkat IV yang Sedang Menghadapi Tugas Akhir di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan X Bandung. Jurnal Psikologi, 3, 115-126.
Pratiwi, Ericha Windhiyana. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di sebuah Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1 - 8.
Sarwono, W. (2012). Psikologi remaja. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
WHO. (2020). Coronavirus disease (COVID-19) pandemic. Available at https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019
Widiantoro, D., Nugroho, S., Arief, Y., & Riau, U. I. (2019). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dari Dosen Dengan Motivasi Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa. An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 4(1), 1–14.
Wijayanti, Nindya. (2013). Strategi Coping Menghadapi Stres dalam Penyusunan Tugas Akhir Skripsi pada Mahasiswa Program S1 Fakultas Ilmu Pendidikan. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.