Main Article Content

Abstract

Bullying adalah tindakan penggunaan kekuasaan untuk menyakiti seseorang atau sekelompok orang baik secara verbal, fisik, maupun psikologis sehingga korban merasa tertekan, trauma, dan tak berdaya. Perilaku bullying dapat berupa fisik, verbal, mental atau psikiologis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan lingkungan sekolah dan pengetahuan remaja SMA Negeri 1 Pleret terhadap bullying. Rancangan penelitian ini adalah non eksperimental, jenis deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah 36 responden diambil dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner, yaitu untuk mengukur lingkungan sekolah dan pengetahuan remaja terhadap bullying. Analisis data menggunakan uji Regresi Linier Berganda. Dari hasil lingkungan sekolah dan pengetahuan remaja SMA Negeri 1 Pleret terhadap bullying, didapatkan nilai Uji F sebesar 18,416 > 3,32 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, artinya bahwa lingkungan sekolah dan pengetahuan memiliki hubungan yang positif terhadap bullying. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan antara lingkungan sekolah dan pengetahuan dengan kejadian bullying di SMA Negeri 1 Pleret.

Keywords

Pengetahuan Remaja Bullying lingkungan sekolah

Article Details

How to Cite
Suib, S., & Safitri, A. (2022). Perilaku Bullying Remaja Dipengaruhi Lingkungan Sekolah dan Pengetahuan. JKEP, 7(2), 149-157. https://doi.org/10.32668/jkep.v7i2.710

References

    A’ini, A.D.N. (2020) ‘Hubungan Harga Diri Dan Pengetahuan Tentang Bullying Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja’, Jurnal Ilmiah Keperawatan Altruistik, pp. 28–37.

    Amri, L.F. (2018) ‘Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Bullying pada Anak Kelas IV, V, VI SD di SD X Kota Padang’, Jurnal Ilmu Kesehatan. Vol 2 Nomor, 1.

    Arofa, I.Z., Hudaniah, H. and Zulfiana, U. (2018) ‘Pengaruh perilaku bullying terhadap empati ditinjau dari tipe sekolah’, Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan (JIPT), 6(1), pp. 74–92.

    Fauzi, R.N.F. and Mamnu’ah, M. (2017) ‘Hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku bullying pada remaja di SMP Muhammadiyah 2 Gamping Sleman Yogyakarta’, Doctoral dissertation, Universitas’ Aisyiyah Yogyakarta [Preprint].

    Hardimansyah, H., Ganefri, G. and Amran, A. (2021) ‘Komparasi Pengaruh Efikasi Diri, Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK’, Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), pp. 147–157.

    Katyana, W. (2019) ‘Buku Panduan Melawan Bullying’, Nuha Medika, pp. 11–18.

    Keliat, B.A. et al. (2015) ‘Effectiveness assertive training of bullying prevention among adolescents in West Java Indonesia’, International Journal of Nursing, 2(1), pp. 128–134.

    Khair, F. (2020) ‘Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Bullying Siswa di SMP Negeri 6 Medan’, Repository USU [Preprint].

    Khoeriyah, M. (2019) ‘Heutagogy in the Course of Pesantren Education (Case Study At Pesantren Salaf Al-Luqmaniyyah)’, Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research, 3(1), pp. 66–79.

    Linati, F.M.D., Bhima, S.K.L. and Dhanardhono, T. (2016) ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peran Usaha Kesehatan Sekolah Terhadap Pencegahan Perilaku Kekerasan Anak Sekolah Pada Sekolah Menengah Atas Dan Kejuruan’. Diponegoro University.

    Masrully, K. (2012) ‘Hubungan Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Bullying dengan Perilaku Bullying pada Siswa Kelas XI Di SMA Semen Gresik’, Undergraduate Thesis Unusa [Preprint].

    Rezapour, M., Khanjani, N. and Mirzai, M. (2019) ‘Exploring associations between school environment and bullying in Iran: Multilevel contextual effects modeling’, Children and youth services review, 99, pp. 54–63.

    Rompas, C. and Sitompul, M. (2020) ‘Hubungan Konsep Diri dengan Perilaku Bullying pada Siswa SMP Advent 1 Jakarta’, Jurnal Skolastik Keperawatan, 6(2), pp. 135–144.

    Rosadi, M. and Safrudin, M.B. (2020) ‘Hubungan Lingkungan Sekolah dengan Pengetahuan dan Sikap Tentang Bully pada Remaja di SMPN 1 Sanga-sanga’, Borneo Student Research (BSR), 1(3), pp. 2162–2167.

    Saifullah, F. (2016) ‘Hubungan antara konsep diri dengan bullying pada siswa-siswi SMP (SMP Negeri 16 Samarinda)’, Ejournal Psikologi, pp. 204–205.

    Sari, Y.P. and Azwar, W. (2018) ‘Fenomena bullying siswa: Studi tentang motif perilaku bullying siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat’, Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10(2), pp. 333–367.

    Setiawan, F. (2018) ‘Dampak Perilaku Bullying Terhadap Kehidupan Sosial Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik’, INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), pp. 87–92.

    Sufriani, S. and Sari, E.P. (2017) ‘Faktor yang mempengaruhi bullying pada anak usia sekolah di sekolah dasar Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh’, Idea Nursing Journal, 8(3).